Rabu, 13 November 2013

Program Komputer SMP 1 Wanaraja Garut

1. Pengertian dan Latar Belakang
1.1 Latar Belakang
Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berdasarkan KTSP 2006 mencakup bahan kajian tentang Hardware dan Software. Pada Mata Pelajaran ini, konsep dan sub konsep dipelajari melalui Teori dan Praktek dengan fokus pada pengembangan keterampilan proses. Idealnya setiap topik dari pelajaran TIK sebaiknya diajarkan melalui peragaan kepada siswa, baik dalam bentuk Praktek atau demonstrasi.
Untuk mendukung fungsi dan tujuan pembelajaran TIK di SMP, diperlukan sarana dan petugas yang siap membantu kelancaran pelaksanaan praktikum atau demonstrasi yang diperlukan oleh guru TIK.
1.2 Dasar/Landasan Hukum
1.2.1 Pasal 37 UU No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional.
1.2.2 Kurikulum 2004
1.2.3 Program Sekolah

1.3 Maksud dan Tujuan
Mewujudkan tujuan Pendidikan nasional dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta anak didik dan kesesuaianya dengan kebutuhan nasional, perkembangan IPTEK serta Kesenian yang sesuai dengan jenis dan jenjang satuan pendidikan yaitu SLTP sebagai jenjang Pendidikan Dasar seperti di SMP Negeri 1 Wanaraja Garut khususnya pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
1.4 Sasaran
Sasaran kegiatan Laboratorium Komputer yang ingin dicapai adalah Program Pengajaran dan Pembelajaran yang mendukung pencapaian Tujuan Satuan Pendidikan SMP pada mata pelajaran TIK yang bermuara pada perwujudan atau pencapaian tujuan Pendidikan Nasional yaitu “ Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya melalui jenjang pendidikan SMP “, khususnya di SMP Negeri 1 Wanaraja Garut.

1.5 Ruang Lingkup
Ruang lingkup pendidikan di laboratorium Komputer meliputi :
Penguasaan Harware dan Sofware Komputer

0 komentar: